Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak orang yang merekomendasikan olahraga untuk dilakukan secara rutin. Tapi apa sih yang bisa tubuh kita dapatkan dari berolahraga? Apa saja jenis olahraga yang baik untuk tubuh? Berikut kami berikan penjelasan tentang apa manfaat olahraga bagi tubuh.

Olahraga Untuk Menjaga Kesehatan

Bukan sebuah mitos bahwa olahraga dapat menjaga kesehatan kita. Faktanya, dengan olahraga kita dapat menjaga berat badan akibat kalori yang kita bakar. Selain itu, dengan berolahraga kamu akan membiasakan otot dan tulang untuk bergerak secara aktif serta tumbuh lebih kuat.

Dengan berolahraga setiap hari, kamu bisa merasakan badanmu lebih bugar dan ringan ketika beraktivitas sehari-hari. Ini dikarenakan ketika tubuh sering melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga, tubuh akan mulai terlatih dan terbiasa sehingga menjadi lebih kuat dan aktivitas sehari-hari akan terasa jauh lebih mudah.

Manfaat Jangka Panjang Olahraga

Dengan tubuh yang lebih kuat kita akan mengurangi resiko berbagai macam penyakit kronis. Berolahraga mampu menstimulasi kepadatan tulang sehingga mencegah resiko osteoporosis di kemudian hari. Kamu juga dapat menghindari resiko nyeri sendi. Dengan berolahraga, kamu akan meningkatkan kemungkinan badanmu tetap bugar di usia lanjut sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupmu ketika sudah tua nanti.

Riset juga menunjukkan bahwa orang yang sering berolahraga dapat mengurangi resiko beberapa jenis kanker. Olahraga juga mengurangi resiko terkena penyakit mematikan lain seperti stroke dan tekanan darah tinggi. Olahraga juga mampu melatih jantung untuk berdetak lebih kuat sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Selain itu kamu juga dapat terhindar dari penyakit seperti diabetes.

Manfaat Olahraga Bagi Otak

Selain untuk tubuh, olahraga juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kecerdasan atau kemampuan kognisi. Hal ini terutama untuk anak-anak dalam usia pertumbuhan. Selain itu olahraga juga baik untuk kesehatan mental. Olahraga terbukti dapat membantu kita tertidur lebih nyenyak. Hal ini akan berpengaruh langsung terhadap kualitas hidup yang dijalani. Olahraga juga dapat mengurangi hormon pembuat stress seperti adrenalin dan norepinefrin dan menambah produksi hormone serotonin dan dopamin yang dapat membuat anda merasa lebih bahagia.

Olahraga Yang Dibutuhkan Tubuh

Intensitas olahraga yang direkomendasikan adalah sebanyak 30 menit per hari. Untuk yang tidak biasa melakukan olahraga berat dan kurang aktif, bisa melakukan olahraga secara bertahap. Bisa juga melakukan olahraga yang lebih mudah seperti senam. Olahraga yang rutin perlu dilakukan baik bagi orang sehat maupun yang memiliki kondisi medis.

Bila kamu orang yang termasuk sibuk atau bekerja, kamu bisa mencoba bersepeda ke kantor bila kantor kamu tidak terlalu jauh. Atau kamu juga bisa menyisihkan waktu untuk olahraga pagi dan olahraga sore dengan masing-masing selama 15 menit. Salah satu olahraga baik yang menggunakan seluruh anggota tubuh adalah renang. Kamu bisa menyisihkan akhir pekanmu untuk pergi berenang.

Demikianlah berbagai macam manfaat olahraga bagi tubuh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *